Jumat, 10 Juni 2011

Pekan Depan, Tim Dikti Datangi Unpatti

Ambon - Direncanakan pada pekan depan tim dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional, akan turun ke Universitas Pattimura (Unpatti), dalam rangka meninjau proses pemilihan rektor, yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

"Proses pemilihan tersebut dilakukan menyusul akan segera berakhirnya masa jabatan Prof H.B Tetelepta sebagai Rektor Unpatti, setelah 11 tahun memimpin universitas kebanggaan orang Maluku tersebut," terang Ketua Komisi Pemilihan Calon Rektor (KPCR) Unpatti Prof J Watloly kepada Siwalima melalui Short Message Service (SMS), Rabu (8/6).

Dikatakan, kedatangan tim Dikti ini, pihaknya dan para pimpinan Unpatti masih mengupayakannya dan tujuan kedatangan mereka ini (Dikti-red), untuk menjelaskan berbagai hal yang oleh Unpatti masih diangap krusial, multi interpretasi dari Permendiknas Nomor 24 tahun 2010, yang mengatur tentang pemilihan rektor.

"Semoga dengan penjelasan dari pihak Dikti ini, ada pandangan dan sikap kejalasan bersama untuk melakukan pemilihan rektor secara indah dan memuaskan semua pihak dan bermartabat, saat ini juga belum ada agenda valid tentang kapan proses pemilihannya," cetusnya.

Untuk diketahui sesuai dengan Permendikas Nomor 24 tahun 2010 tersebut, dalam pasal 6 ayat (2) dijelaskan, dalam poin a, Menteri dan Senat melakukan pemilihan Rektor/Ketua/Direktur dalam sidang Senat, b, Menteri dapat memberi kuasa kepada pejabat yang ditunjuk untuk melakukan pemilihan, sebagaimana dimaksud dalam huruf a, selanjutnya dalam huruf e, dijelaskan Pemilihan Rektor/Ketua/Direktur sebagaimana dimaksud pada huruf a dilakukan melalui pemungutan suara secara tertutup dengan ketentuan, Pertama, Menteri memiliki tiga puluh lima persen hak suara dari total pemilih, Kedua, Senat memiliki enam puluh lima persen hak suara dan masing-masing anggota senat memiliki hak suara yang sama. (S-30)

Tidak ada komentar: